22:00
0
cara kerja generator
Pengertian dasar cara kerja generator MateriotomotifQ.blogspot.com - Prinsip kerja generator sangat simple yakni kumparan jangkar yang memotong medan pada magnet yang dihasilkan kumparan medan akan menyebabkan gerak listrik pada kumparan jangkar. Cara kerja generator yang paling utama yaitu ada medan magnet serta pemotong medan magnet.
Generator adalah alat yang dapat membuahkan daya listrik yang bersumber pada daya mekanik serta biasanya memakai induksi elektromagnetik. Sumber energi  mekanik sendiri dapat datang dari resiprokat maupun turbin. Generator listrik ini pertama kali diketemukan pada th. 1831 oleh seseorang yang bernama Faraday. Kala itu generator listrik memiliki bentuk gulungan kawat yang dililitkan pada besi yang memiliki ukuran U. Generator itu di kenal dengan nama Generator Cakram Faraday.
Cara Kerja Generator
Cara kerja generator yaitu melalui gerakan medan magnet yang ada di rotor pada kumparan tetap yang ada di stator. Medan magnet itu dihasilkan dengan cara memberi tegangan DC (Direct Current) pada kumparan penguat medan yang ada di rotor yang bisa dihasilkan melalui penguat sendiri ataupun penguat terpisah. Sumber tegangan DC sendiri dapat diperoleh dari aki (accumulator). Kemudian pemotong medan magnet dapat memakai bahan konduktor guna memotong medan magnet yang ada, lantaran jika tidak memotong maka prinsip kerja generator tidak akan muncul yang berbentuk gaya gerak listrik(GGL). Generator listrik memiliki 2 jenis tipe yakni generator listrik AC dan generator listrik DC. Generator listrik AC memiliki dua kutub stator maka jika kutub-kutub magnet yang berlawanan dihadapkan maka akan menyebabkan suatu medan magnet. Sedang generator listrik DC memiliki komulator sehingga arus listrik yang akan dihasilkan berbentuk arus listrik DC sekalipun sumbernya berbentuk arus listrik AC. Adapun alat yang dapat mengkonverter arus listrik searah (DC) jadi arus listrik AC yakni inverter listrik.
Fungsi Generator Listrik
Manfaat generator listrik yaitu juga sebagai salah satu elemen mesin pembangkit listrik yang mana datang dari energi mekanik dan seluruhnya pembangkit listrik memakai komponen generator di dalamnya. Faedah generator listrik juga sangatlah banyak baik itu sebagai kelompok pribadi maupun industri. Untuk indu
uostri prinsip kerja generator sangatlah terasa pada pusat listrik tenaga uap yang berjenis medan tutup serta memakai sistem udara yang terbuka. Di sini putaran turbin yang datang dari air yang dibendung dalam waduk dapat membuahkan listrik.
Baca juga :Pengertian dasar motor listrik ; lengkap
Next
This is the most recent post.
Older Post

0 comments:

Post a Comment