Laman

Dasar-dasar Otomotif (bab kendaraan dengan mesin bensin)



mesin bensin
Artikel yang saya postingkan kali ini membahas tentang penjelasan umum kendaraan dengan mesin bensin. Tipe kendaraan ini dijalankan dengan mesin yang menggunakan bahan bakar bensin. Karena mesin bensin menghasilkan tenaga besar yang berbentuk kompak, mesin ini banyak digunakan pada mobil penumpang. Untuk menghasilkan tenaga penggerak kendaraan, mesin bensin mengulang 4 langkah berikut:

•         Langkah hisap

•         Langkah kompresi

•         Langkah pembakaran

•         Langkah buang

Campuran udara-bahan bakar dihisap ke silinder, di tekan, di nyalakan dan meledak, kemudian di keluarkan. Dengan mengulang 4 langkah tadi, mesin bensin menghasilkan tenaga. Mesin jenis ini disebut mesin 4-langkah.


Langkah hisap

Katup exhaust tertutup dan katup intake terbuka. Langkah piston bergerak kebawah akan menghisap campuran udara-bahan bakar ke dalam silinder melalui katup intake yang terbuka.


Langkah kompresi

Piston menyelesaikan langkahnya ke bawah(hisap) dan katup intake tertutup. Campuran udara-bahan bakar yang dihisap ke dalam silinder akan di tekan oleh piston yang bergerak ke atas.


Langkah pembakaran/usaha

Saat piston hampir mencapai puncak, arus listrik mengalir ke busi, sehingga tercipta percikan api busi. Kemudian udara-bahan bakar mulai terbakar dan meledak. Karena katup intake dan exhaust tertutup, maka ledakan ini menyebabkan piston terdorong kebawah. Dalam langkah inilah yang dimanfaatkan mesin untuk memutarkan crankshaft.


Langkah buang

Katup exhaust terbuka saat piston hampir menyelesaikan langkahnya ke bawah(pembakaran). Kemudian, gas buang hasil pembakaran akan dikeluarkan dari silinder melalui katup exhaust yang terbuka.

No comments:

Post a Comment